5 Tips Hidup Sehat versi Saya

Day 12

Siapa yang pola hidupnya paling tidak sehat? 
Jika pertanyaan itu dilontarkan dalam beberapa lingkaran pertemanan yang saya miliki, sepertinya rata-rata akan menjawab saya-lah orang-nya.
Hampir tidak pernah olahraga, selalu tidur lewat tengah malam serta makan tidak teratur dan yang instant-instant.
Tapi alhamdulillah-nya saya selalu sehat dan kuat menghadapi kenyataan ini, yaa paling pilek-pilek dikit lah.😅

Health is a state of complete physical, mental and social well-being and not merely the absence of disease or infirmity - WHO
Yang setelah di translate oleh Google bunyi-nya seperti ini.
Sehat adalah kondisi dimana fisik, mental, dan sosial yang merupakan satu kesatuan dan bukan hanya bebas dari penyakit atau kecacatan - WHO

Jadi, sehat bukan dinilai semata dari secara fisik atau jasmani seperti fungsi fisiologi tubuh yang dapat berjalan secara normal, melainkan kesehatan mental untuk dapat hidup berbahagia dengan pemikiran yang positif, juga sehat secara spirituil dimana kita bisa secara bebas untuk menikmati atau mengamini ke Esa-an Tuhan, baik sebagai manusia itu sendiri maupun makhluk sosial.



Minum Air Putih

Kegiatan 'waras' satu-satunya yang mungkin bisa saya banggakan untuk memberi tips hidup sehat ala saya.
alasan utama-nya adalah karena saya yang mudah merasa haus, jika minum dengan air berwarna atau yang memiliki rasa, sepertinya malah membuat saya menjadi tambah haus saja. 😅
Disamping dari manfaat penting seperti melindungi fungsi ginjal sampai pada manfaat untuk kecantikan.



Positive Thinking

Saya juga gak yakin sebenarnya dengan apa yang saya tuliskan ini, tapi kini saya sedang gencar-gencarnya belajar untuk selalu berfikiran positif dan terbuka terhadap segala sesuatu hal-nya.
Supaya saya tetap sehat pemikiran dalam menjalani hidup yang fana ini (halah)
Tapi jika di ingat, dulu saya adalah orang yang selalu sibuk memikirkan motif apa yang dimiliki seseorang ketika melakukan sesuatu hal terhadap diri saya, atau dalam lingkaran hidup yang saya miliki.
Ya begitulah, tapi memikirkan motif-motif itu menjadikan saya pribadi yang sempit pemikirannya, (sampai sekarang sih sempit-nya. haha),memandang segala sesuatu hal itu dari sisi negatifnya saja. 
"Tak patut, tak patut" Mail says.


Piknik ?

Piknik itu salah satu cara untuk dapat mensyukuri nikmat Tuhan atas berbagai kesempatan untuk dapat meng-amini keindahan ciptaan-Nya.
benar gak sih piknik bisa jadi tips hidup sehat?

Mengutip definisi lanjutan mengenai arti sehat menurut WHO, badan kesehatan dunia itu.
"Sehat berhubungan dengan hukum alam yang mengatur tubuh, jiwa, dan lingkungan berupa udara segar, sinar matahari, etc"
Yang diartikan secara dangkal oleh saya sebagai 'piknik'. Hahahaha

Tapi saya pun merasakan juga dampak positif atau manfaat dari piknik itu sendiri, selain bahan tambahan untuk pamer nulis di blog, juga cara agar saya tetap merasa 'sehat mental' setelah lelah menjalani rutinitas sebagai manusia pekerja.


Siraman Rohani

Apalagi ini?
Mendengarkan sesuatu hal yang positif-positif membuat saya dapat menjadi pribadi yang lebih sehat lagi dari segi kesehatan spiritual.
dengan segala kerendahan hati tanpa bermaksud untuk pamer, hampir setiap pagi sebelum berangkat untuk bekerja saya usahakan untuk selalu streaming youtube video kajian yang diberikan oleh salah satu pemuka agama dalam agama Islam, atau jamak disebut sebagai ustadz.

Dengan maksud sebelum saya di tempa dengan beban kerja, saya selalu ingat akan-akan pasal-pasal positif yang baru tadi pagi saja saya dengarkan.
meski pada faktanya tetap saja saya sering-nya mengeluh ketika dihadapkan pada suatu masalah dalam pekerjaan 😅


Komentar