Tidak sama dengan

"Sukses berkehidupan bagi sebagian besar manusia adalah mengenai kebendaan(harta), sebagian lain mengatakan sukses itu pencapaian status/prestasi (Jabatan/gelar pendidikan/juara) atau juga terkenal, misal. sebagian lain beranggapan bahwa sukses itu bisa berkeliling dunia dan memetik ilmu (budaya,sejarah, dll) dalam setiap singgahnya, tak sedikit pula yang berkata bahwa sukses juga berupa ilmu keyakinan beragama.. pun ketika sukses memiliki hubungan sosial yang baik antar manusia atau berguna bagi sesamanya..
dan banyak rupa kesuksesan lainya (baik materi/bukan).

menurut kawan-kawan, sukses dalam berkehidupan itu apa? (menurut artian sukses kawan-kawan sendiri), bagaimana cara kalian mencapai kesuksesan tersebut?"


itulah pertanyaan yang saya ajukan dalam sesi kontemplasi dalam Komunitas Pecandu Buku, ketika mendapat informasi bahwa pada hari itu giliran saya yang bertugas sebagai penanya.

dari 197 orang di grup, hanya dua orang yang menjawab pertanyaan itu.. entah faktor apa yang membuat pertanyaan saya jadi seperti sepi pembeli. 


dua jawaban tersebut menjelaskan mengenai definisi suksesnya masing-masing :
"Arti sukses tentunya luas, mencapai target kecil yang dibuat sehari-haripun itu saya anggap suatu keberhasilan. Secara garis besar menurut saya sukses dalam berkehidupan itu adalah saat dimana saya bisa menjadi diri saya sendiri, melakukan apapun hal yang saya suka dan atau yang hendak saya lakukan, semuanya dari hati."

"Sukses bagi saya tidak menjadi miskin dalam hal apapun. Tidak miskin ilmu, berarti sukses dalam belajar. Tidak miskin teman, berarti sukses dalam berkehidupan sosial. dst
Mencapainya? sayapun masih berusaha, tetapi dalam usaha tersebut saya tetap mencoba menjadi diri saya sendiri."   


Pertanyaan ini saya lontarkan karena sejujurnya saya sendiri sedang krisis dalam mendefinisikan arti sukses itu sendiri.
tapi menurut saya, yang pasti sukses itu adalah "Bahagia".
Bahagia bebas menjalankan "apapun" yang kita lakukan atau yang kita telah capai tanpa terlepas dari hakikat hak dan kewajiban kita sendiri sebagai seorang manusia,sebagai seorang makhluk sosial, dan yang pasti sebagai seorang makhluk ciptaan-Nya.

Komentar